Join RevolverNC's empire

Kamis, 05 Mei 2011

A Whiter Shade of Pale

[NC11-AM] Siapa yang gak kenal dengan lagu A Whiter Shade of Pale ?
Hampir semua penikmat musik pernah mendengar lagu yang dibawakan group asal Inggris : Procol Harum. Lagu yang didominasi oleh suara organ itu bahkan oleh Michael Bolton dan HSAS pernah dibikin Cover Version-nya. Banyak generasi muda sekarang yang juga menggandrungi lagu itu, padahal group band yang awalnya terdiri dari : Garry Brooker (Piano, vocal), Keit Reid (Penulis lirik), Ray Royer (Gitar), Bobby Harrison (Drum), David Knight (Bas), Mathew Fisher ( organ), itu dibentuk di awal tahun 1967.Ada beberapa hal yang menarik sehubungan dengan Procol Harum dan A Whiter Shade of Pale.

* Sebenarnya nama yang benar dari group band ini adalah PROCUL HARUN bukan PROCOL HARUM. Procul Harun diambil dari nama seekor kucing. Nama yang diambil dari Bahasa Latin itu ternyata salah ejeaan, namun justru tidak dikoreksi, sehingga menjadikan nama mereka tetap menjadi Procol Harum.

* Formasi Procol Harum agak karakteristik dibandingkan band pada umumnya. Pertama, posisi Garry Brooker (piano) dan Mathew Fisher (organ) cukup aneh. Biasanya di group lain formasi seperti ini dilakukan oleh 1 orang saja. Bahkan menurut mereka justru dengan cara itulah akan dihasilkan harmoni yang lebih terjaga, sedangkan instrument lain hanya sebagai pelengkap. Konon katanya dominasi suara piano dan organ seperti itu, diilhami dari album Bob Dylan yaitu Blonde on blonde (1966). Kedua, posisi Keit Reid adalah hanya sebagai penulis lagu dan tidak memegang instrument musik sama sekali. Posisi ini mirip dengan formasi Pete Sinfield di King Crimson. Bedanya, Pete Sinfield hanya mampu bertahan 4 album awal King Crimson sedangkan Keit Reid bercokol sampai album terakhir Procol Harum .

* Dominasi suara organ Mathew Fisher yang sangat kental pada lagu A Whiter Shade of Pale adalah salah satu ke-khasan lagu itu. Tapi sayang, justru namanya tidak dicantumkan sebagai pencipta lagu A Whiter Shade of Pale. Pada lagu itu hanya disebutkan bahwa penciptanya adalah Garry Brooker (music) dan Keit Reid (lyric), ini justru kelak menjadi pemicu perpecahan dan keluarnya Mathew Fisher…..

* Sebagaimana lagu dangdut SMS yang dipopulerkan lagi oleh Trio Macan, yang diakui oleh pengarangnya diilhami dari musik Symphony 9 Bethoven. A Whiter Shade of Pale adalah lagu yang diambil dari lagu klasik ciptaan Sebastian Bach, yaitu Suite No.3 in D Mayor. Ketika dikonfirmasikan hal tersebut Garry Brooker mengatakan bahwa : “Itu bukan karena Bach, tapi karena ketajaman hidung komersial saya……”

Sayang diluar A Whiter Shade of Pale selain lagu Homburg, hidung Garry Brooker sudah tidak lagi tajam……

Kabar terbarunya, Matthew Fisher sedang berjuang untuk royalti serta hak cipta atas namanya untuk lagu ini. Tapi pencaranya bilang, "Kenapa setelah 38 tahun, anda bicara soal royalti sekarang?"

Kata Fisher, "Saya baru tersadar, jika lagu ini merupakan lagu populer yang merupakan salah satu lagu yang paling banyak diperdengarkan ke masyarakat sepanjang akhir abad 20."

Terus gimana?....

1 komentar:

  1. A Whiter Shade of Pale, it's fit to describe faint shadows in this movie OBLIVION as well - https://www.youtube.com/watch?v=8b6xSyFz6B0

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...