Sabtu, 11 Desember 2010

Dasar Melodi dan Kord lagu serta Pengertian Harmonic Minor dan Oktaf(Octave)

Blog "tutorial melodi gitar dan kord lagu" kini akan memberikan bocoran ilmu dasar bermain gitar yang sangat penting peranannya dalam bermain melodi, yaitu memahami dan mempelajari alur jalannya nada didalam permainan melodi khususnya gitar. Apa itu yang dimaksud dengan alur atau jalannya nada didalam permainan melodi ? adalah suatu aturan internasional tentang suatu pembentukan nada sesuai dengan solmisasi (do, re , mi, fa, so, la, si, do), jadi didalam bermain melodi apapun termasuk melodi gitar pasti ada alur atau lintasan yang sudah paten dan sudah di akui dan ditetapkan oleh para musisi musisi dunia / internasional, (jadi bermain melodi itu tidak sekedar asal pencet senar di freet dan memetiknya tanpa mengikuti aturan aturan solmisasi ),


nah untuk mengetahui gimana alur atau lintasan suatu nada melodi lagu sobat sekalian bisa membacanya dibalik misteri sebuah chord (kord) yang mengiringi melodi lagu tersebut. untuk lebih jelas nya akan saya kasih gambaran yaitu : sobat sekalian tau kan lagunya boomerang yang judulnya pelangi..? pasti lagu ini udah ga asing lagi di telinga sobat sekalian biarpun lagu ini udah lawas bgd, nah didalam lagunya boomerang yang judulnya pelangi ada melodi intro_nya kan (melodi intro : melodi yang mengawali musik sebelum suara vokal mulai bernyanyi pertama kali). nah disaat melodi intro dimainkan oleh sang gitaris yang pada waktu itu adalah Ivan, ada chord rithm(suara kunci gitar pengiring) yang mengiringinya ! masih kurang jelas dan ga tau juga ?, GONJRENGAN.. nah itu lebih tepatnya..... hehehe=); jadi gonjrengan kunci yang mengiringi melodi tersebut kita lihat dolo jenis kunci atau chordnya yang kebetulan adalah Em C G D . jadi dibalik misteri kunci tersebut, melodi gitar yang dimainkan oleh Ivan boomerang , kita sudah bisa melihatnya melalui solmisasi dari masing masing kunci atau chord yang mengeiringi melodi tersebut ( Em C G D ) selanjutnya setelah kita tau jalan melodinya kita tinggal mencocokkan dengan mencari nada pertama yang memulai melodi tersebut, didalam melodi gitar lagu pelangi nada pertamanya adalah nada B dan seterusnya di cocokkan sesuai suara melodi yang sobat dengarkan dari melodi aslinya( talature nada B sbb dibawah);

E||-----------------
B||-----------------
G||-----------------
D||------9---------- ( senar no 4 berada di fret atau kolom 9 )
A||-----------------
E||-----------------

Jadi kegunaan " mengenal atau mengetahui jalan melodi / nada mayor dan minor" adalah = memberi gambaran dan jembatan didalam memainkan sebuah melodi supaya tidak terjadi kesalahan pemencetan nada ( fals ) dan tidak melenceng dari aturan solmisasi yang ada.

Gimana sudah jelaskah penjelasan tentang diatas...? jika sudah jelas mari kita lanjutkan tahap berikutnya yaitu membaca atau mengenal nada mayor dan minor karena hal ini berhubungan penting dengan jalan atau lintasan melodi yang sudah di bahas sebelumnya di atas postingan ini tadi.

Didalam suatu chord terbagi menjadi dua bagian nada, yaitu nada mayor dan nada minor, sedikit tambahan penjelasan untuk kedua nada tersebut, nada mayor suara yang dihasilkan cenderung mengarah ke suasana musik ceria atau meriah, dan nada minor suara yang dihasilkan cenderung mengarah kesuasana musik mellow, atau sedih atau kalem. jadi lagu lagu yang kebanyakan memakai kunci atau chord mayor kebanyakan suasana musik yang dihasilkan adalah ceria atau ramai dan meriah, dan sebaliknya jika didalam sebuah lagu kunci yang mendominasi adalah kunci minor, maka musik yang dihasilkan adalah slow ,mellow, kalem dan sejenisnya. Sekarang kita akan membahas tentang perbedaan mayor dan minor, sebelumnya akan saya beritahu bentuk dari solmisasi sbb dibawah :

solmisasi : Do Re Mi Fa So La Si Do

C = Do
C__1__D__1__E__0,5__F__1__G__1__A__1__B__0,5__C'
kenapa saya pakai nada dasar C=Do..? karena standart internasional nada dasar adalah dimulai dari nada C .

keterangan :
  • keterangan abjad atau huruf mewakili nama nada
C = Do maksudnya adalah nada C adalah sebagai nada dasarnya ,
jadi untuk membaca contoh solmisasi diatas adalah C=do , D=re , E=mi , F=fa , G=so , A=la , B=si , C'=do
  • keterangan angka mewakili nama jarak paten yang sudah ditetapkan, jadi do , re , mi , fa , so , la , si , do jaraknya masing masing adalah 1_1_0,5_1_1_1_0,5 (satu, satu, setengah, satu, satu, satu, setengah)
  • keterangan jarak angka 1(satu) berarti jika dimainkan di gitar jaraknya adalah 2(dua) kolom atau fret, dan 0,5(setengah) berarti jika dimainkan digitar jaraknya adalah 1(satu) kolom atau fret.
Dan dari contoh solmisasi diatas adalah bisa dikatakan sebagai jalan melodi atau alur melodi mayaor, Untuk patokan lebih jelasnya adalah dapat disimpulkan
Alur melodi mayor : diawali oleh nada Do dan jarak statistknya adalah : 1_1_0,5_1_1_1_0,5 (satu, satu, setengah, satu, satu, satu, setengah)

sekarang gimanakah bentuk solmisasi nada minor...?

untuk nada minor patokannya adalah diawali oleh nada La dan jarak statistiknya adalah : 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu) untuk lebih jelasnya kita lihat contoh solmisasi nada minor dibawah ini;
A = La
A__1__B__0,5__C__1__D__1__E__0,5__F__1__G__1__A'
ingat..! patokan nada minor adalah dimulai dari nada La dan jarak statistiknya 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu) , dan contoh ini menggunakan nada dasar A

Keterangan :
  • keterangan abjad atau huruf mewakili nama nada
A = La maksudnya adalah nada A sebagai nada dasarnya, jadi untuk membaca contoh solmisasi nada minor diatas adalah A=la , B=si , C=do , D=re , E=mi , F=fa , G=so , A'=la
  • keterangan angka mewakili nama jarak paten yang sudah ditetapkan, jadi la , si , do , re , mi , fa , so , la jaraknya masing masing adalah 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu)
  • keterangan jarak angka 1(satu) berarti jika dimainkan di gitar jaraknya adalah 2(dua) kolom atau fret, dan 0,5(setengah) berarti jika dimainkan digitar jaraknya adalah 1(satu) kolom atau fret.
Jadi untuk menggaris bawahi perbedaan antara nada mayor dan anda minor adalah :
  1. nada mayor di mulai oleh atau dari nada Do dan statistik jaraknya adalah 1_1_0,5_1_1_1_0,5 (satu, satu, setengah, satu, satu, satu, setengah)
  2. nada minor dimolai oleh atau dari nada La dan statistik jaraknya adalah 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu)

Gimana sudah jelaskah semuanya sampai disini.....? kalo masih belum jelas juga, mari kita lihat lagi penjelasan penjelasan berikut ini: (pokoknya sampai sejelas jelasnya dan sedetail detailnya)

Sekarang kita akan praktek memadukan antara chord atau kunci gitar dengan solmisasi mayor dan minor ! untuk tahap ini saya anjurkan sobat sekalian sambil memegang gitar dan segera mainkan petunjuk petunjuk penjelasan dari semuanya ini.

Untuk mengetes solmisasi tersebut mari kita praktekan dengan sebagai berikut,
  • Praktek solmisasi mayor, Sebagai contoh praktek, sekarang sobat sekalian cari teman untuk memainkan chord atau kunci C dan suruh menggonjrengnya terus, dan sobat yang jadi gitarisnya sekarang(heheh) silahkan mainkan melodi dari nada kunci C tersebut , sekali lagi saya ingatkan kita sekarang lagi praktek solmisasi mayor, jadi yang harus di garis bawahi adalah menggunakan nada dasar Do dan statistik jarak 1_1_0,5_1_1_1_0,5 (satu, satu, setengah, satu, satu, satu, setengah). Jadi sobat menggunakan nada dasar C = Do . untuk memulai main melodinya dan cara baca jarak statistiknya adalah 1(satu) berarti jika dimainkan di gitar jaraknya adalah 2(dua) kolom atau fret , dan 0,5(setengah) berarti jika dimainkan digitar jaraknya adalah 1(satu) kolom atau fret. Untuk lebih jelasnya lihat dan mainkan gambar tablature berikut dengan chord rithm C dan alur solmisasi mayor dengan statistik jarak 1_1_0,5_1_1_1_0,5
E||--------------5-7-8-
B||-------5-6-8-------
G||--5-7---------------
D||---------------------
A||---------------------
E||---------------------

Jika sobat memainkan melodinya sesuai dengan petunjuk diatas yaitu memperhitungkan jarak statistik dan nada dasar maka di dalam praktek tersebut tidak mengalami nada fals.
  • Praktek solmisasi minor , sebagai contoh praktek sekarang teman sobat suruh memainkan chord atau kunci Am dan suruh menggonjrengnya terus, dan sobat masih menjadi gitaris. silahkan mainkan melodi dari nada kunci Am tersebut, sekali lagi saya ingatkan kita sekarang berganti praktek solmisasi minor, jadi yang harus digaris bawahi adalaha menggunakan nada dasar La dan statistik jarak 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu) Jadi sobat menggunakan nada dasar A = La . untuk memulai melodi dan cara baca jarak statistiknya adalah1(satu) berarti jika dimainkan di gitar jaraknya adalah 2(dua) kolom atau fret , dan 0,5(setengah) berarti jika dimainkan digitar jaraknya adalah 1(satu) kolom atau fret.Untuk lebih jelasnya lihat dan mainkan gambar tablature berikut dengan chord rithm Am dan alur solmisasi minor dengan statistik jarak 1_0,5_1_1_0,5_1_1
E||-----------------3-5--
B||----------3-5-6-------
G||--2-4-5---------------
D||----------------------
A||-----------------------
E||-----------------------

Jika sobat memainkan melodinya sesuai dengan petunjuk diatas yaitu memperhitungkan jarak statistik dan nada dasar maka di dalam praktek tersebut tidak mengalami nada fals.


jika sobat ingin tahu nada fals yang dihasilkan solmisasi tersebut maka yang harus sobat lakukan adalah : teman anda suruh menggonjreng chord atau kunci C tapi anda memainkan melodinya menggunakan jalan atau alur solmisasi minor yaitu 1_0,5_1_1_0,5_1_1 untuk lebih jelasnya lihat dan mainkan gambar tablature berikut dengan chord rithm C
E||----------------6-8---
B||---------6-8-9-------
G||--5-7-8--------------
D||---------------------
A||---------------------
E||---------------------
pasti suaranya fals dan ga enak di denger.


dan sebaliknya jika teman anda memainkan chord Am tapi anda menggunakan jalan atau laur solmisasi mayor yaitu 1_1_0,5_1_1_1_0,5 untuk lebih jelasnya lihat dan mainkan gambar tablature berikut dengan chord rithm Am
E||---------------2-4-5-
B||--------2-3-5-------
G||--2-4---------------
D||---------------------
A||---------------------
E||---------------------
pasti suaranya fals dan ga enak didenger.

untuk praktek jalan melodi harmonic minor saya akan menggunakan chord / nada C, jadi jika nada dasarnya pada C maka C = Do untuk scale nya sebagai berikut

C_1_D_0,5_D#_1_F_1_G_0,5_G#_1_B

keterangan :
ket huruf = chord / nada
ket angka = jarak antar nada / chord

nada di atas sama juga disebut dengan tangga nada minor..

nah untuk bisa memainkan dengan baik silahkan anda ulang ulang terus tangga nada / scale di atas, jika udah mulai hafal dan mengerti silahkan gabungkan permainan dengan scale yang lainnya dan ingat saat memainkkannya sambil di pahami..

untuk mempermudah dalam pembelajaran, saya akan membantu anda dengan sebuah alat.
untuk mengoprasikannya anda sulahkan ikuti panduan sebagai berikut.

1. silahkan anda tekan pertama pada bagian " key " nya.. contoh : tekan key C.
2. kemudian anda teruskan dengan memilih scale nya. contoh : tekan scale harmonic minor.
3. nah di bagian table "chord" akan muncul daftar chord di dalam kotak berwarna kuning, itu bisa di artikan jika anda memainkan scale C harmonic minor, maka chord tang berada di kotak2 kuning tersebut adalah jalan melodinya..
4. nah jika masih bingung jika memainkan secara langsung pada gitar anda, anda bisa melihat pada bagian gambar neck / setang gitar. anda bisa melihat dan mencocokkan langsung di depan gitar anda. (mana aja sih yang musti di pencet, nah gambar neck / setang gitar tersebutlah jawabannya)
5. jika anda mempunya speaker / sound active yang terhubung ke pc anda.. anda juga bisa mendegarkan suara chord tersebut.

berbicara mengenai pengertian oktaf (octave) sebenernya bukan hal yang rumit tapi hal ini sangat membantu untuk memahami artikel artikel di blog ini yang terkait dan mungkin untuk sekedar penambah wawasan bermusik kita juga bisa... hehehe...
kita langsung kembali ke pembahasan yaitu apakah arti dari oktaf (octave), adalah suatu kenaikan tingkatan nada dalam jarak interval, kadang di definisikan juga sebagai dua kali putaran atau lebih dari nada tertentu yang menghasilkan nada yang lebih tinggi dari nada sebelumnya... untuk lebih jelasnya akan saya berikan gambarannya.....
contohnya kita akan membahas nada dalam 1 (satu) oktaf, misalkan satu oktaf dari nada C kita lihat scale di bawah ini :

C_D_E_F_G_A_B_C'

kesimpulan : jadi seumpama kita memulai dari nada C, jika dalam satu oktaf maka nada akan kembali lagi dan berhenti di nada C juga, cuman bedanya C yg pertama dengan C yang selanjutnya nada yang di hasilkan akan lebih tinggi dari nada C yang pertama. dan kadang penulisan dalam satu oktaf akan di tandai dengan tanda petik satu ( ' ) yang berarti adalah satu oktaf.

dan selanjutnya jika membahas 2 (dua) oktaf dari nada C gambar scale seperti berikut di bawah ini...

C_D_E_F_G_A_B_C'_D'_E'_F'_G'_A'_B'_C"

kesimpulan : jadi setelah kita melihat bagan scale di atas maka dapat di simpulkan bahwa 2 (dua) oktaf dari nada C adalah perputaran dua kali dari jarak interfal, yaitu dari C berputar ke C' dan berputar lagi ke C"
tu kan berputar dua kali kan....? begitu juga seterusnya, jika naik 3 oktaf, 4 oktaf dan seterus nya maka kalikan aja putaranya...

Bagi sobat yang sudah bisa main melodi gitar belum afdol jika hasil melodi yang di mainkannya bukan hasil dari mencari sendiri atau mendengarkan melodi lagu tersebut, dengan kata lain adalah hasil mencontek tablature atau chord hasil carian orang lain. Tapi ga papa semuanya butuh proses untuk mencapai tahap ini ( tahap penggunaan insting dan feeling ) , untuk sementara para sobat sekalian yang belum bisa mencari chord lagu atau melodi sebuah lagu dengan sendiri para sobat boleh mencontek hasil carian melodi atau chord lagu orang lain, hal ini di anjurkan untuk menghindari rasa putus asa didalam belajar bermain gitar baik itu gitar melodi, gitar bas maupun sekedar bisa untuk gonjrengan saja ( inget ! semua butuh proses dan waktu ) . Untuk bisa mencari sebuah chord atau pun melodi lagu di perlukan tehnik pendengaran yang sangat sensitif atau peka, dan untuk melakukan itu dibutuhkan konsentrasi yang tinggi. bagi sobat yang suka dengan melodi di anjurkan pada waktu mencari melodi lagu tersebut terfokus pada melodi lagu tersebut dan jangan menghiraukan suara suara yang lain selain melodi ( maksudnya suara yang lain : suara bas, suara instrument, suara vocal dan masih banyak suara suara lain yang tergabung dalam sebuah musik atau lagu tersebut ), hal ini bisa mengakibatkan konsentrasi kita terpecah dan susah untuk mengambil nada melodi atau bass. Begitu juga bagi yang suka dengan bass (ngebas) harus berkonsentrasi pada sura bass saja dan jangan menghiraukan suara suara yang lainnya selain bass lagu tersebut.

Sesuai dengan judulnya "mengenal nada didalam cord (kort) gitar", di dalam kord gitar atau kunci gitar itu mempunyai unsur unsur nada gabungan yang membentuk suatu pola tertentu dan berbeda beda pastinya antara kord atau kunci satu dengan yang lainya, berikut contoh pola kord atau kunci gitar (dasar) :

*pola kord(kunci) C___________________.. *pola kord (kunci) G

E||----------|--------|------|--------  ......x.......E||--------|---------|---@---|------
B||----@----|--------|------|-------- .......x..... B||--------|---------|--------|------
G||----------|--------|------|--------  ........x... G||--------|---------|--------|------
D||----------|---@---|------|-------- .......x.... D||--------|---------|--------|------
A||----------|--------|--@--|-------- ......x..... A||--------|---@----|--------|------
E||----------|--------|------|--------  .......x..... E||--------|---------|---@---|------
Nah...tukan beda....udah punya gambaran mengenai penjelasan ini kan...? Itu hanya dua contoh pola kord atau kunci gitar dan masih banyak lagi, tapi berhubung saya rasa hanya dengan menggambar kan dua buah pola kord atau kunci gitar, para sobat sekalian sudah mudeng atau mengerti. Saya akan mempersingakat waktu untuk menjelaskan hal yang lainya yang lebih penting 

Selanjutnya untuk kord atau kunci gitar dasar ( E/Em , F/Fm, G/Gm, A/Am, B/Bm, C/Cm, D/Dm) [ yang disebut kord dasar itu maksudnya tanpa embel embel kayak E7, Bm7 kek apa kek zrzrrzrh.....ak juga pusing kalo lihat kord kayak gitu..hehehe, ya sekedar tahu aja lah ] , didalam kord atau kunci gitar dasar ( yang sudah saya jelaskan barusan td ) pasti terdapat 3 (tiga) unsur nada pembentuk kord atau kunci, kita lihat aja contoh pola di bawah ini untuk lebih jelasnya :

*1. pola kord (kunci) Am ________ ......x.... *2. pola kord (kunci) D

E||--------|-------|-------|--------- ......x.....    E||-------|--(F#)--|-------|------------
B||---(C)--|-------|-------|--------- ......x.....  B||-------|--------|--(D)--|------------
G||--------|---(A)-|-------|--------- ......x....  G||-------|--(A)---|-------|------------
D||--------|---(E)-|-------|--------- .......x.... D||-------|--------|-------|------------
A||--------|-------|-------|--------- .......x....  A||-------|--------|-------|------------
E||--------|-------|-------|--------- ......x.....   E||-------|--------|-------|------------
Setelah kita lihat pola kord (kunci) gitar di atas kita akan menjelaskan satu persatu nada pembentuk kord (kunci) gitar.

*1. Kita lihat dulu pola kord (kunci) Am (A minor) terdapat tiga nada pembentuk kord (kunci) gitar, yaitu nada C , nada A sendiri, dan nada E .

Sekarang diantara sobat sekalian pasti ada yang bertanya tanya "Dari mana dapet nya nada C , A , E tersebut..?" Nada C, A, E tersebut didapat dari perhitungan menurut solmisasi (do re mi fa so la si do) mengenai solmisasi ini akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Tetapi saya akan coba menjelaskan sedikit mengenai solmisasi ini, yaitu di bawah ini..
#Masih kita membahas pola kord Am di atas, sekarang kita mereview lagi tentang jenis jenis nada pada ke enam senar atau dawai gitar (nama nama nada dasar senar atau dawai atau tali), "Nada C didapat dari kenaikan setengah nada(naik 1 kolom) dari nada B (berada di senar no 2) inget, sambil melihat dan mencockkan pada gambar diatas" "Nada A di dapat dari kenaikan satu nada(naik 2 kolom) dari nada G (berada di senar no 3) inget, sambil melihat dan mencocokan pada gambar diatas" "Nada E didapat dari kenaikan satu nada(naik 2 kolom) dari nada D (berada di senar no 4) inget, sambil melihat dan mencocokan pada gambar diatasi"

*2. Kemudian kita lihat pola kord (kunci) yang kedua yaitu pola kord (kunci) D.
Didalam kord (kuci) D ada tiga nada pembentuk kord (kunci) gitar, yaitu nada F#, nada D sendiri, dan nada A. #Lihat pola kord (kunci) yang kedua, yaitu kord (kunci) D pada gambar diatas. "Nada F# didapat dari kenaikan satu nada(naik 2 kolom/fret) dari nada E (berada di senar no 1) ingat, sambil melihat dan mencocokan pada gambar di atas" "Nada D didapet dari kenaikan satu setengah nada(naik 3 kolom/fret) dari nada A (berada disenar no 2) inget, sambil melihat dan mencocokan pada gambar diatas"
"Nada A didapat dari kenaikan satu nada(naik 2 kolom/fret) dari nada G (berada disenar no 3) inget, sambil melihat dan mencocokan pada gambar di atas"

Gimana..? sudah maksudkan...?

Dengan kita mengetahui nada nada pembentuk kord atau kunci gitar (yang sudah saya jelaskan diatas) kita bisa menerapkan pengetahuan tentang nada nada pembentuk kord gitar ini kedalam alat musik lainya, seperti keyboard dan piano dan masih banyak lagi alat musik lainya, karena kord atau kunci yang di pakai pada semua alat musik pada dasarnya sama.

didalam membuat suatu melodi itu tergantung dengan kemampuan sipembuat melodi tersebut, maksudnya gini, jika kemampuan bermainya sang pembuat melodi yang ingin membuat melodi tersebut sudah terbilang bagus yang pasti orang tersebut sudah berpengalaman dengan tehnik tehnik permainan melodi gitar, nah semakin banyak tehnik tehnik gitar yang dikuasi maka semakin berfariasi dalam pembuatan melodinya.... disamping itu juga ada hal lain yang berpengaruh dalam pembuatan melodi yaitu sesuatu yang memang keluar atau terpancar dari dalam diri sang pembuat melodi, maksudnya begini, seseorang tersebut emank sudah mempunyai karakteristik didalam pembuatan suatu melodi gitar, biasanya melodi gitar dikatakan enak di denger karena pengambilan nadanya yang simple tapi mudah diingat dan familiar serta enak didengar, siapakah musisi musisi yang mewakili hal ini, taukah anda dengan gitaris gun's n roses..? pasti ga ada yang ga tau gitaris yang ini.. si slash.. ya... slash emank dilihat dari scale bukanlah bandingan dari gitaris gitaris yang populer lainnya meski bersolo karier seperti Yngwie, Steve vay, dan masih banyak lagi, tapi siSlash ini banyak yang mengakui bahwa dia didalam mengambil atau memilih nada yang mau dijadikan melodi sungguh luar biasa... sangat pas dengan suasana musiknya. bukan berarti gitaris yang lainya ga enak dalam membuat melodi, enak ko' , banyak gitaris lainnya yang membuat melodi sangat enak bgd, tapi yang saya maksud disini rata rata didalam satu album atau bahkan semua album yang di garap bersamanya (slash dkk) sangat enak enak, dan yang mengungkapkan hal ini bukan satu dua orang... semua orang yang tau slash dan melodinya pasti suka semua...

trus kalo musisi nasional indonesia siapakah yang mewakili...? sang gitaris adalah Andra Ramadhan sang gitaris Dewa 19, siapakah yang gatau Andra...? semua orang yang suka musik pasti tau dengan yang namanya Andra... Si Andra ini dilihat dari scale bisa di bilang sangat bagus di kalangan gitaris indonesia, tapi ga menutup kemungkinan dia masih se Udelnya (bahasa jawa) gitaris senior yang ngeRock abis, kayak si Ian Anantono, dan gitaris gitaris yang ngerock dan ful speed lainnya yang bahkan namanya belum populer, tapi si Andra Ramadhan ini mempunya kemampuan yang ga di miliki gitaris lainya, yaitu kemampuan pengambilan nada atau pemakaian nada dalam pembuatan melodi. coba sobat dengarkan melodi dari lagu lagu yang digarap Andra dkk, apa yang sobat simpulkan..? yaitu melodi yang simple, gampang diingat, dan familiar banged dan yang pasti enak dan sesui dengan suasana lirik atau lagu yang dibawakannya.... bukan berarti juga gitaris nasional yang lainya dalam mebuat melodi ga enak di denger, bukan...! tapi yang dimaksud disini adalah penilaian rata rata dari hasil pembuatan melodi secara keseluruhan yang tercipta, dan banyak orang orang yang berpendapat demikian bahwa Andra Ramadhan ini emank sudah diakui aduhai dalam mengambil nada atau memakai nada untuk menciptakan melodi, banyak di forum forum yang mengungkapkan demikian. Nah sekarang kita kembali ke pertanyaan yang tadi, Bagaimanakah cara membuat melodi...? Jawabannya adalah semua tergantung dari mood dan feeling sobat sekalian.. nah untuk bisa mebuat hal tersebut bisa berjalan lancar dan hasilnya baik sobat dianjurkan dolo minimal harus bisa tehnik dasar bermain melodi, pengetahuan dasar tentang melodi dan cara menjalankan melodi, jika sobat masih belum tau pengetahuan dasar tentang bermain melodi, setelah sobat kuasai pengetahuan dasar main melodi, sobat bisa membuat melodi sesuai dengan kemauan dan kemampuan melodi sobat, untuk hasil enak engaknya orang lain yang mendengarkan dan yang menilainya...

www.ekhan-gitaris.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...