Join RevolverNC's empire

Jumat, 10 Desember 2010

Musik dalam Pengertian


Pengertian Musik

musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera orang definis musik juga bermacam-macam:

  • bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya
  • segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik
beberapa orang mengangap musim tidak berwujud sama sekalo,menurut Aristoteles mempunyai kemamapuan mendamaikan hati yang gundah,mempunyai terapi kreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.musik untuk kehidupan kita sangat penting sekali karena musik dapat menenangkan pikiran yang sedang bosan karena akitifitas yang kita jalani sehari-hari.musik adalah seni yang paling abstrak sekaligus juga merupakan realitas fisika bunyi yang memiliki banyak keunggulan untuk membantu pendidikan watak halus seseorang.selain untuk seni musi digunakan sebagai untuk berbagai keperluan mulai dari tradisi,adat,hiburan maupun pendidikan

musik adalah jemari halus yang mengetuk pintu kalbu untuk membangunkan dari tidurnya yang lelap.ketukan itu membuat hamparan kenangan hadir kembali,setelah diselubungi berbagai peristiwa yang selalu datang sili berganti


Aspek-Aspek musik

Musik adalah bunyi yang dikeluarkan oleh satu atau beberapa alat musik yang dihasilkan oleh individu yang berbeda-beda berdasarkan sejarah, budaya, lokasi dan selera seseorang.
Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
  • Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya 
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.
Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.

Alat-alat musik

Alat musik yang tradisional
Alat musik petik: gitar, kecapi, sasando, banjo, ukulele, mandolin, harpa, gambus
Alat musik gesek: biola, rebab, cello
Alat musik ketuk: organ, piano, harpsichord,
Alat musik tiup: seruling, terompet, trombon, harmonika, pianika, recorder sopran,
Alat musik pukul: tamborin, jidor, rebana, gamelan,
Alat musik moderen: gitar listrik, organ, akordeon, drum,

Aliran-aliran musik

Berikut adalah daftar aliran/genre utama dalam musik. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia.
Dalam beberapa dasawarsa terakhir, dunia musik mengalami banyak perkembangan. Banyak jenis musik baru yang lahir dan berkembang. Contohnya musik triphop yang merupakan perpaduan antara beat-beat elektronik dengan musik pop yang ringan dan enak didengar. Contoh musisi yang mengusung jenis musik ini adalah Frou Frou, Sneaker Pimps dan Lamb. Ada juga hip-hop rock yang diusung oleh Linkin Park. Belum lagi dance rock dan neo wave rock yang kini sedang in. banyak kelompok musik baru yang berkibar dengan jenis musik ini, antara lain Franz Ferdinand, Bloc Party, The Killers, The Bravery dan masih banyak lagi.

Bahkan sekarang banyak pula grup musik yang mengusung lagu berbahasa daerah dengan irama musik rock, jazz dan blues. Grup musik yang membawa aliran baru ini di Indonesia sudah cukup banyak salah satunya adalah Funk de Java yang mengusung lagu berbahasa Jawa dalam musik rock.

Teori musik

Teori musik merupakan cabang ilmu yang menjelaskan unsur-unsur musikCabang ilmu ini mencakup pengembangan dan penerapan metode untuk menganalisis maupun menggubah musikdan keterkaitan antara notasi musik dan pembawaan musik. Hal-hal yang dipelajari dalam teori musik mencakup misalnya suara,nadanotasiritmemelodiKontrapun MusikharmoniBentuk MusikTeori Mencipta Lagudll.
 

1.Suara
 
Teori musik menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnyaDalam musikgelombang suara biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya maupun periodenyamelainkan dalam frekuensinyaAspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam tala (Inggris:pitch, yaitu tinggi nada), durasi(berapa lama suara ada), intensitasdan timbre(warna bunyi).

3.Nada

 
Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nadaatau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokanPerbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-bedaTangga nada yang paling lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dalam teori musik diatonis barat diidentifikasikan menjadi 12 nada yang masing-masing diberi nama yaitu nada C,D,E,F,G,A dan B. Serta nada-nada kromatis yaitu Cis/Des, Dis/Es, Fis/GesGis/As, danAis/Bes.Ritme

 
4.Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktuBirama merupakanpembagian kelompok ketukan dalam waktuTanda biramamenunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yangdihitung dan dianggap sebagai satu ketukan.Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaandurasi).Notasi
 

5.Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik

Dalam notasi baloktinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritmedigambarkan secara horisontalKedua unsur tersebut membentuk paranadadi samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamikadan sebagainya.Melodi
 
6.Melodi adalah serangkaian nada dalam waktuRangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirianyaitu tanpa iringanatau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut). Melodi terbentuk dari sebuah rangkaian nada secara horisontal


Unit terkecil dari melodi adalah Motif. 

Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikalGabungan dari Motifadalah Semi Frasedan gabungan dari Semi Frase adalah Frase(Kalimat). Sebuah Melodi yang paling umum biasanya terdiri dari dua Semi Frase yaitu kalimat tanya (Antisidendan kalimat jawab(Konsekuen).

7.Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua ataulebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaanwalaupunharmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikanberurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tigaatau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.

sejarah musik pop

Musik pop adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyak bersifat komersial.
Musik populer pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 di mana rekaman pertama kali dibuat berdasarkan penemuan Thomas Edison, dibedakan dengan Musik Klasik, Musik Jazz, Musik Tradisional, Musik Blues, kemudian juga berkembang ke negara-negara lain sedunia.

Tokoh musik pop


Penyanyi POP Pria yang terkenal yaitu :
Aaron Carter
Chad Kroeger
Christian Baustisa
Daniel bedingfield
Elton John
Enrique Iglesias
Garets Gates
Gil

Penyanyi POP wanita antara lain :
Alanis Morrissette
Alexandra Slate
Alicia Keys
Alizee
Amerie
Amy Lee
Amy Studt
Ana Johnson
Ashanti

Ashlee Simpsona yang terkenal yaitu :
Aaron Carter

Chad Kroeger

Christian Baustisa
Daniel bedingfield
Elton John
Enrique Iglesias
Garets Gates
Gil

Penyanyi POP wanita antara lain :
Alanis Morrissette
Alexandra Slate
Alicia Keys
Alizee
Amerie
Amy Lee
Amy Studt
Ana Johnson
Ashanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...