Join RevolverNC's empire

Jumat, 11 Maret 2011

Keyboard Midi CREATIVE PRODIKEYS PC-MIDI

[NC11-AM] Saat ini peralatan komputer sedemikian pesatnya mengalami kemajuan, dan demikian pula dengan peralatan recording yang selalu menuntut teknologi terbaru. Salah satunya adalah keyboard. Seperti yang sudah kita kenal selama ini, keyboard PC merupakan perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari komputer dan begitu pula dengan keyboard midi (musik) yang hampir selalu ada di dalam studio recording pada umumnya.
Dan semenjak meningkatnya penggunaan digital recording saat ini, keyboard sudah dapat diintegrasikan dengan perangkat software, bahkan kita dapat mengontrol perpindahan sound itu, yang saat ini kita kenal sebagai softsynth (software sythesizer). Sedangkan perangkatnya disebut sebagai midi controler. Walaupun saya sendiri bukan seorang yang ahli synthesizer atau keyboard, tapi tidak ada salahnya kalo saya dapat berbagi pendapat dan mengulas sedikit tentang alat musik yang satu ini.
CREATIVE PRODIKEYS PC-MIDI
Alat ini merupakan gabungan antara keyboard PC (keyboard komputer biasa) dengan keyboard Midi, dan merupakan alat yang cukup fleksibel karena dapat digunakan untuk dua kebutuhan yang berbeda secara bersamaan.

CREATIVE PRODIKEYS PC-MIDI
BENTUK FISIK :
Mungkin alat ini sekilas terlihat sangat kecil karena hanya terdiri dari 37 tuts, tapi tidak demikian dengan sound yang diperdengarkannya, walaupun keyboard ini sebenarnya juga hanyalah sebuah midi controller yang tidak memiliki sound generator, jadi praktis hanya mengandalkan sebuah software synthesizer untuk membuatnya bekerja atau dapat digunakan. Terdapat juga beberapa buah tombol play, record, pause dan stop yang dapat digunakan untuk mengatur sebuah software sequencer hanya dengan menyentuh pada tombol keyboard ini. Sedangkan di sebelah atas juga masih terdapat tombol sustain dan Octave yang dapat digunakan untuk menaikkan atau menurunkan oktaf pada keyboard. Seperti yang saya bicarakan di atas bahwa keyboard ini hanya memiliki 37 tuts, jadi tombol oktaf sangat dibutuhkan untuk menaikan atau menurunkan oktaf pada software synthesizer bila pemakai menginginkan nada yang lebih tinggi atau lebih rendah pada keyboard ini.

Tuts-tuts yang terdapat pada keyboard ini juga relative sangat nyaman untuk dimainkan. Walaupun saya sendiri bukan seorang pemain keyboard yang ahli, tapi menurut sentuhan tangan saya, keyboard ini sudah sangat baik dan dapat di pakai oleh orang awam musik maupun bagi kalangan musisi profesional. Walaupun sebenarnya akan ada “feel” yang berbeda saat memainkan keyboard ini dibandingkan jika anda menggunakan keyboard musik yang sesungguhnya.

SOUND :
Sewaktu membeli keyboard ini, kita juga akan mendapatkan sebuah CD driver yang didalamnya juga sudah terdapat sebuah program software synthesizer bawaan dari Prodikeys ini. Program software ini akan membutuhkan kapasitas sekitar 300Mb pada program files drive C komputer anda. Dari apa yang saya dengar, kualitas softsynthnya juga sudah cukup dapat diandalkan untuk memainkan beberapa sound piano dan stringnya.

Menurut uji pendengaran dengan hasil yang saya coba mainkan dan sempat saya rekam, kualitas audionya memang cukup baik, tidak terjadi adanya latency atau keterlambatan bunyi yang umumnya terjadi karena setting device atau soundcard komputer yang kurang memadai. Awalnya saya memang disarankan dan diberikan Asio driver secara cuma-cuma oleh pihak toko tempat membeli keyboard ini, tapi tanpa adanya tambahan itu, rasanya alat ini sudah memiliki latency yang sangat minim.
CREATIVE PRODIKEYS PC-MIDI





KONEKSI :
Keyboard ini menggukan koneksi USB untuk melakukan transfer perintah midinya kedalam komputer. Sedangkan kabelnya juga sudah tersedia pada bagian belakang keyboard ini.

HARGA :
Ini juga yang menjadi salah satu kelebihan alat ini, karena dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan keyboard controller midi yang lain, kita sudah bias mendapatkan sebuah keyboard midi yang memiliki fungsi yang relatif sama. Dan satu lagi keuntungan yang kita dapatkan, yaitu dengan disertainya garansi sekitar 6 bulan dari pihak toko untuk semua produk merek Creative ini. Mungkin jarang kita melihat atau mendapati keyboard ini dipajang di toko-toko musik, karena sebenarnya produsen merek Creative ini merupakan produsen peralatan komputer yang sedang mulai merambah ke dalam musik, dan ini adalah salah satu karya produksi mereka. Untuk mendapatkannya, anda hanya perlu mengunjungi ke toko-toko computer atau dealer Creative di daerah anda atau click di website www.creative.com untuk informasi produknya.

Atau bisa langsung di www.prodikeys.com untuk produk keyboard ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...