Join RevolverNC's empire

Kamis, 05 Mei 2011

Mereka Dibalik Kesuksesan Jimi Hendrix

[NC11-AM] Tanggal 27 November yang baru lalu adalah tanggal kelahiran Jimi Hendrix. Sebagai penghormatan pada gitaris sekaligus pemusik yang sangat berpengaruh dalam dunia musik ini, Onestopblues mengajak pembaca untuk mengenal siapa saja yang pernah berperan dalam karir pemusik genius ini., yang akan disajikan dalam beberapa tulisan.
Onestopblues akan memulai dengan melihat peran seorang top model kelas atas asal Inggris, yang tanpa ketajaman penglihatan pada bakat Jimi Hendrix kita semua mungkin tak akan pernah mengenal Jimi Hendrix dan karya-karyanya. Kemudian kita juga akan berkenalan dengan pemain bas dari sebuah band yang sama sekali tak ada hubungan dengan salakan atau raungan gitar, yang juga tak kalah perannya dengan sang model. Kita juga akan melihat peran Eric Clapton bahkan Paul Mc Cartney dan beberapa nama lain. Inilah bagiang pertama dari beberapa tulisan yang akan dimuat pada beberapa waktu ke depan. Selamat menikmati !

Linda Keith adalah Seorang top Model kelas atas asal Inggris, ia adalah pacar Keith Richards . Linda adalah orang yang pertama kali mengenali bakat dan potensi Jimi Hendrix. Gara -gara ikut the Rolling Stones ke Amerika yang menjalani tur di negeri paman Sam pada tahun 1965, ia bertemu Jimi Hendrix. The Rolling Stones pergi keberbagai kota, Linda harus tetap tinggal di suite room di salah satu Hotel di New York. Untuk membuang kejenuhannya Linda mengontak kenalannya Roberta Goldstein dan Mark Kauffman , kenalannya yang orang New York untuk menghantarnya ke tempat dimana ada musik blues. Linda kemudian di bawa ke klub Cheetah . Di sinilah Linda melihat penampilan grup Curtis Night and the Squire yang walaupun bukan grup blues tapi sering membawakan lagu-lagu blues. Bagian pentingnya adalah Linda tertarik pada pemain gitar grup ini dan meminta pada Mark agar pemain gitar itu mau minum dan ngobrol dimeja mereka.

Orang tersebut ternyata adalah Jimi, yang agak pendiam dan pemalu. Ia kemudian duduk satu meja dengan Linda dan dua orang temannya itu. Hubungan Linda dan Jimi berlanjut. Keduanya kemudian sering mendengar lagu di Apartemen Mark . Dan Linda memberi respon pada keinginan Jimi untuk membentuk band sendiri dan ingin mengembangkan karirnya. Maka berdirilah JIMMY JAMES AND THE BLUE FLAMES yang bermain di kawasan Greenwich Vilage New York. Linda kemudian meminta Andrew Log Odham, manajer yang juga produser the Rolling Stones untuk melihat penampilan Jimi Hendrix. Sayang ternyata dimata manajer Rolling Stones ini, Jimi tak terlihat memiliki sesuatu yang berharga. Respon tak seperti yang diharapkan. Padahal Linda sudah berpayah-payah “mencuri” gitar Fender Stratocaster milik Keith Richard. “Jimi sangat ingin memainkan gitar Fender Stratocaster, seperti pemusik yang menjadi idolanya Otis Rush dan Buddy Guy. Saya meminjam gitar Fender Stratocaster warna putih yang masih gres milik Keith Richard. Saya meminjam tanpa idzin, karena saat itu Keith sedang tur jauh dari kota New York.” kata Linda. “Selain itu saya juga sengaja mencari momen dan waktu yang bagus untuk menampilkan Jimi. Ia biasa tampil di Cafe Wha, tapi untuk ditonton Andrew saya sengaja menunggu waktu agar ia bisa tampil di Cafe Au Go Go yang saya pikir akan bisa lebih mengesankan.”

Hendrix sempat down dengan penolakan ini. Tapi Linda Keith terus memberikan support. Linda kemudian melakukan upaya berikutnya dengan mengontak Seymour Stein (pernah menjadi pimpinan Sire Recirds di tahun 80 an),sebagai teman Linda Keith, dengan sukarela menyaksikan musisi temuan Linda ini. Ya tapi apa mau dikata, walaupun tidak senegatif pandangan Andrew Loog Oldham, Stein juga menilai tidak ada sesuatu yang istimewa dari Jimi. “Saya benar-benar heran, mengapa dimata Andrew dan Stein Jimi seolah-olah tidak ada apa-apanya. Padahal dimata saya semuanya sangat jelas.” kata Linda Keith

Ketika Linda sendiri nyaris putus asa dengan usahanya itu, sementara tak lama lagi ia harus kembali ke London. Peluang dirasa makin kecil. Di suatu malam ketika ia sedang hang out dengan Mark dan Kauffman di tempat hiburan malam Odine, Linda diperkenalkan pada Chass Chandler, pemain bas The Animals, grup terkenal asal Inggris yang juga melakukan tur di Amerika. Dari pembicaraan ini kemudian terungkap bahwa usai menjalani tur dengan The Animal, Chass Chandler akan mengundurkan diri dari The Animals, dan akan beralih profesi menjadi produser rekaman. Pertemuan dengan Chess Chandler inilah kemudian terbuka pintu karir Jimi Hendrix, yang seperti halnya musik blues harus diekspor dulu ke Amerika sebelum akhirnya bisadihargai dinegaranya sendiri, Amerika. *(Bersambung)

http://onestopblues.wordpress.com/2009/12/01/mereka-yang-berperan-pada-karir-jimi-hendrix-1-linda-keith/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...